Thursday, June 7, 2007

* TASHAWWUF MENURUT BEBERAPA ULAMA YANG MASYHUR

Dalam Kitab Hasyiah Al-Adawi Ala Azzarqani dan kitab Syarah Ain Al-Ilm Wa Zain Al-Hilm oleh Al-Malla Ali Al-Qadiri, dinuqilkan bahwa Al-Imam Malik RA pernah berkata:

من تفقه ولم يتصوف فقد تفسق ومن تصوف ولم يتفقه فقد تزندق ومن جمع بينهما فقد تحقق

Barang siapa belajar ilmu Fiqih tapi tidak bertashawwuf maka ia telah berlaku Fusuq. Dan barang siapa bertashawuf sedang ia belum belajar ilmu fiqih, maka ia telah berlaku Zindiq. Dan barang siapa yang terkumpul padanya kedua-duanya maka ia telah mencapai Hakekat.


Dalam Kitab Ta’yid Al-Haqiqah Al-Aliyyah oleh Assayuthi dan dalam Kasyf Al-Khafa oleh Al-Ajluni yang diterbitkan oleh Dar Al-Funun dinukilkan bahwa Al-Imam Assyafi’I RA berkata:

حبب إلي من دنياكم ثلاث ترك التكليف وعشرة الخلق بالتلطف والإقتداء بطريق أهل التصوف

Yang aku cintai di dunia ini ada tiga. Meninggalkan beban, bergaul dengan makhluk secara lembut dan mengikuti jejak ahli tashawwuf.



Dalam Kitab Tanwir Al-Qulub oleh Amin Al-Kurdi dan Gidza’ Al-Albab Syarah Mandzumat Al-Adab oleh Assafarini dinukilkan bahwa Al-Imam Ahmad Bin Hanbal RA pernah berkata kepada puteranya Abdullah:

ياولدي عليك بمجالسة هؤلاء القوم فإنهم زادوا علينا بكثرة العلم والمراقبة والخشية والزهد وعلو الهمة.

Wahai anakku… hendaklah engkau sering duduk bersama mereka (para sufi) sesungguhnya mereka memperkaya kita dengan ilmu, muraqabah, takut, zuhud dan semangat yang tinggi.

Beliau juga pernah berkata: “aku tidak mengetahui kaum yang lebih baik daripada mereka”.



Dalam Kitab Al-Munqidz Min Addhalal oleh Imam Al-Gazali RA, beliau berkata:

ولقد علمت يقيناً أن الصوفية هم السالكون لطريق الله تعالى خاصة وأن سيرهم أحسن السير وطريقتهم أصوب الطرق وأخلاقهم أزكى الأخلاق .

Aku telah mengetahui (yakin) bahwasanya para sufi itu bersuluk melalui jalan Allah SWT khususnya, dan sejarah mereka adalah sebaik-baik sejarah, dan Thariqat mereka adalah sebaik-baik Thariqat, dan akhlak mereka adalah sebaik-baik akhlak.

Dalam Kitab Nur Attahqiq oleh Assyaikh Hamid Saqr diukilkan bahwa Sulthan Al-Ulama yaitu Al-`Iz Bin Abdussalam RA pernah berkata:

قعد القوم من الصوفية على قواعد الشريعة التي لا تنهدم دنيا وأخرى وقعد غيرهم على الرسوم

Para Sufi itu menduduki (menguasai) kaedah-kaedah syar`iyyah yang tidak akan menghancurkan dunia dan akherat. Sedangkan kaum lainnya menduduki (menguasai) gambar-gambar saja.



Dalam Kitab Al-I`tisham oleh al-Imam Abu Ishaq Assyatibi RA beliau berkata:

إن كثيراً من الجهال يعتقدون في الصوفية أنهم متساهلون في الإتباع والتزام ما لم يأت في الشرع التزامه مما يقولون به ويعملون . وحاشاهم(الصوفية) من ذلك أن يعتقدوه أو يقولوا به فأول شيء بنوا عليه طريقهم إتباع السنة واجتناب ما خالفها

Kebanyakan orang jahil, berkeyakinan bahwa para sufi itu mengentengkan hal Ittiba’ dan mereka menjalankan apa yang tidak ada dalam syari’at. Padahal para sufi itu jauh dari tuduhan tersebut, padahal dasar pertama dalam thareqat mereka adalah mengikuti Sunnah dan menjauhi apa yang menyimpang.


Dalam kitab Ta’yid Al-Haqiqah Al-Aliyyah oleh Al-Imam Jalaluddin Assayuthi RA. beliau berkata:

إن التصوف في نفسه علم شريف وإن مداره على أتباع السنة وترك البدع وعلمت أيضا ً أنه قد كثر الدخيل فيه من قوم تشبهوا بأهله وليسوا منهم فأدخلوا فيه ما ليس منه فأدى ذلك إلى إساءة الظن بالجميع

Sesungguhnya Tashawwuf adalah ilmu yang terpuji karena berkisar pada mengikuti Sunnah dan meninggalkan Bid’ah. Dan setau saya, banyak yang menisbatkan pada tashawwuf apa yang bukan dari tashawwuf itu sendiri, sehingga hal itu telah membuat banyak orang suuzzon...