Wednesday, October 17, 2007

* Asal Usul Kata-kata Khurafat

Jika anda menceritakan kisah kekeramatan para wali semisal Sidi Abdul-Qadir al-Jaelani RA, Sidi Ahmad Arrifa’I RA, Sidi Ahmad al-Badawi RA, Sidi Abul-Hasan Assyazili RA dan Sidi Ibrahim Addasuqi RA, atau kisah kekeramatan para waliyyullah lainnya… tanpa berpikir panjang, orang-orang yang sempit dan picik akalnya akan memfonis bahwa kisah itu semata-mata “cerita khurafat…”

Tahukah anda sejarah atau asal usul kata-kata khurafat?

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. pernah suatu hari menceritakan suatu kisah yang tidak masuk akal (aneh tapi nyata) kepada Sayyidah Aisyah RA. setelah beliau cerita, Sayyidah Aisyah RA berkata mengomentari kisah aneh yang diceritakan oleh Rasulullah SAW, “kisah ini seakan-akan cerita khurafat!.”

Rasulullah SAW bersabda, “tahukah kalian sejarah kata-kata Khurafat? Dulu ada seorang lelaki bernama Khurafah berasal dari ‘Udzrah/‘Adzrah ditawan oleh bangsa jin pada masa jahiliyyah, ia dikembalikan ke bangsa manusia setalah bertahun-tahun lamanya. Kemudian ia menceritakan apa yang telah dilihatnya dari hal-hal yang aneh dan tidak masuk di akal. Orang-orang yang tidak percaya hanya berkata, “ah, itu cerita karangan khurafat!.”

Nah dari sejak itu hingga saat ini kisah-kisah yang tidak masuk di akal, baik yang nyata ataupun yang tidak nyata, dianggap cerita khurafat…