Tuesday, October 9, 2007

* Akibat Menentang Guru

Abu Hasan al-Mada’ini berkata: suatu hari aku ke pasar membeli burung, lalu aku perintahkan keluargaku agar burung itu ditaruh di atas api sebagai hidangan makan malamku.

Kemudian aku keluar mengunjungi syekh-ku (guruku), selama satu jam aku bersama beliau namun pikiranku selalu tertuju pada burung itu, maka aku meminta izin untuk pulang.

Guruku memintaku untuk menginap di rumah beliau untuk melayani beliau, aku kaget dan memohon kepada beliau agar aku diizinkan pulang, dan akhirnya beliau pun mengizinkan.

Aku bergegas pulang dan sesampainya aku di rumah, aku meminta agar keluargaku menghidangkan burung bakar yang aku nanti-nantikan.

keluargaku berkata, “setelah burung itu kami turunkan dari api untuk didinginkan, masuklah seekor anjing dan membawanya lari!” aku berkata, “Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun, aku kualat, ini akibat menentang guru.”

Bebrapa hari kemudian, dengan malu-malu aku menemui Syekhku, beliau tersenyum dan berkata, “barangsiapa menentang gurunya, akan dihukum dengan seekor anjing yang akan menyakiti perasaannya!”